Search

Tim Pengelola Website Kementerian dan Lembaga

Tim Pengelola Website di Kementerian dan Lembaga Republik Indonesia tidak bisa diserahkan hanya kepada satu orang saja. Saat ini dituntut kerjasama dari semua pihak dalam mengisi konten yang ada di dalamnya. Tidak bisa juga hanya menduplikasi dari media-media yang memberitakan tentang kementerian dan lembaga tersebut.

Konten-konten Kementerian dan Lembaga bisa dikategorikan dalam beberapa jenis :

  • Layanan Online : Pendaftaran, Perizinan, Sertifikasi, Pengecekan, Pengaduan
  • Layanan Offline: Petunjuk dengan Flowchart yang mudah dipahami.
  • Kinerja & Publikasi : Buku & Majalah Online, Laporan, Regulasi, Hasil Penelitian, Jurnal, Tutorial, dll.
  • Fasilitas : Perpustakaan, Auditorium, Dll.
  • Berita : Internal dan Eksternal (Umum, Pusat, Daerah, Siaran Pers).
  • Artikel : Opini Ahli/Tokoh.
  • Pengumuman & Agenda
  • Dll

Pengunjungnya juga bermacam-macam :

  • Lembaga Legislatif (Pusat dan Daerah)
  • Dewan Perwakilan Daerah (DPD)
  • Departemen/LPND/BUMN/BUMD
  • Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)
  • Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP)
  • Aparat Penegak Hukum (Kejaksaan Agung, Kepolisian, Komisi Pemberantasan Korupsi)
  • Mahkahmah Konstitusi dan Komisi Yudisial
  • Pemberi Pinjaman/Hibah (Lenders)
  • Publik/Masyarakat/LSM
  • Media Massa
  • Akademisi/Peneliti
  • Pelajar/Mahasiswa
  • Perusahaan
  • Pengusaha
  • Profesional
  • Dll

Tim Pengelola yang harusnya ada :

  • Penanggung Jawab Website
  • Reporter : Meliput Berita, Mengambil Foto, Menulis Berita, Upload Berita & Foto
  • Editor : Menayangkan Berita dari Reporter, Cek Tata Bahasa, salah ketik, dan beberapa aturan Jurnalistik.
  • Web Designer : Buat Banner, Memperbaiki Kualitas Foto, Layout Website
  • Web Programmer : Menambah fitur baru atau menyempurnakan fitur yang sudah ada
  • Web Administrator : Menjaga jaringan dan sistem agar tetap berjalan dengan baik

Masing-masing dari pengelola tersebut bisa masing-masing satu atau dua orang tergantung dari beban kerja.

Bagaimana Tips Meliput Berita?

Biasanya tidak semua orang bisa menulis, oleh karena itu biasanya ada tim dari pusat yang menarasikan apa yang dilihat oleh seseorang untuk dibuatkan berita. Contoh si A hadir dalam suatu kegiatan, di A ini harus mengirimkan dalam bentuk WA, Email untuk menjawab pertanyaan berikut ini :

  • Acara/Kegiatan apa?
  • Kapan (When) Acaranya?
  • Dimana (Where) Acaranya?
  • Siapa (Who) yang ada di acara?
    • Narasumber (Nama Lengkap, Jabatan)
    • Siapa orang penting yang hadir (Nama Lengkap, Jabatan)
  • Apa (What) poin-poin yang dibicarakan?
  • Foto menggunakan Smartphone dengan pencahayaan yang cukup (Tidak Gelap).

Itu minimal yang harus dikirim ke tim yang menarasikan kegiatan tersebut untuk dijadikan berita. Dengan begitu, kalau ingin cepat tayang, pada saat itu juga berita langsung bisa tayang secara cepat. Tidak perlu lagi menunggu sampai berhari-hari bahkan sampai berminggu-minggu.

Contoh si B yang tidak hadir dalam kegiatan dan stand by di pusat, si B mempunyai kemampuan menulis dan membuat narasi berita. Seketika si A mengirim poin-poin dari smartphone-nya ke si B, maka dengan segera si B dapat membuat narasi dan kemudian menayangkan di website.

Semoga Bermanfaat,



Zeembry

Penulis adalah Konsultan di bidang Animasi, Web Desain Arsitektur, Web Development, SEO, Internet Marketing. Founder BABAStudio.com (Sejak 2003) & SekolahPINTAR.com (2015). Untuk Info Pelatihan (021) 5366-4008.


Leave a Reply