Search

Lubang Keamanan melalui Email

Hacker atau penjahat cyber mempunyai banyak jalan masuk untuk mencoba mengambil data Anda. Salah satunya melalui email.

Pada tanggal 28 Agustus 2017, saya mendapat email yang terkesan dari Apple ID yang mengatakan bahwa akun saya sudah dikunci dan jika dalam waktu 24 jam saya tidak merespon email ini, maka akun saya akan dibatasi penggunaanya.

Sebagai Orang IT, saya tahu tidak akan mungkin sistem menanyakan hal-hal pribadi seperti ini. Oleh karena itu saya langsung mengecek dua hal ini

  1. Apakah emailnya benar dari website apple terpercaya? Ternyata walaupun tulisannya “Apple ID”, tetapi emailnya adalah “email@appleid-apple.com” dan ini sangat mencurigakan sekali.
  2. Menggeser (jangan diklik) kursor mouse ke arah tombol “Update Your Account” dan lihat tautan (link) di bawah kiri akan mengarah ke “bit.ly/2vATtQi” dan saya tidak klik. Kalau diklik takutnya diarahkan ke aplikasi tertentu yang kalau dijalankan akan membuat Anda menginstall virus/malware.

Dari dua hal yang mencurigakan tersebut, saya langsung hapus email tersebut.

Jadi bila Anda mendapat email atau telpon yang mengatakan

  1. Meminta kode atau kata sandi Anda dengan disertai ancaman akun atau uang Anda akan hilang, maka ketahuilah bahwa itu BOHONG.
  2. Perusahaan tidak pernah meminta kata sandi kepada Anda.
  3. Jangan langsung percaya (tanpa melakukan pengecekan) pada sesuatu yang instan seperti tiba-tiba Anda mendapat hadiah besar dan Anda harus melakukan sesuatu.
  4. Jangan langsung percaya pada ancaman (tanpa melakukan pengecekan)  seperti Anak anda ditangkap karena narkoba dan butuh tebusan, orang tua Anda kecelakaan dan minta uang untuk mengobati secara cepat.

Dengan berpatokan pada hal tersebut, Anda akan selamat dari penjahat cyber.

Semoga Bermanfaat,



Zeembry

Penulis adalah Konsultan di bidang Animasi, Web Desain Arsitektur, Web Development, SEO, Internet Marketing. Founder BABAStudio.com (Sejak 2003) & SekolahPINTAR.com (2015). Untuk Info Pelatihan (021) 5366-4008.