Search

Keterampilan Menulis Penting untuk Promosi

Workshop yang diselenggarakan oleh Badan Kordinasi Penanaman Modal (BKPM) ini berlangsung di 2 (dua) kota, yaitu di Aston Kuta Bali, Jl. Wana Segara Kuta 80361, Bali pada tanggal 18-21 April 2016 untuk Se-Sumatera, Jawa dan Bali. Serta di Hotel Novotel Tangerang 25 – 28 April 2016 untuk daerah Indonesia Bagian Timur.

Materi Pertama tentang Strategi Penulisan adalah yang pertama kali dipaparkan oleh Rachmadin Ismail dari Detik.com dan pada hari Senin 19 April 2016 pukul 07.45 sudah langsung dimasukkan ke dalam situs Detik.com dengan alamat http://finance.detik.com/read/2016/04/19/074535/3191064/4/bkpm-daerah-siapkan-strategi-promosi-untuk-tarik-investor.

Poin-Poin yang perlu dicatat dalam penulisan berita adalah

  • Share kisah inspiratif, seperti Kesuksesan Investor.
  • Ide Konten bisa beradasarkan Momentum, Peristiwa, Info Masyarakat, Diskusi.
  • Memilih Judul Singkat (<80 Karakter kalau di Detik.com), Detail, Statistik, dan Visual. Hindari judul yang bersifat ceremony, lebih baik ke inti dari ceremony
  • Membuat Isi Penulisan : Deskriptif, Data dan Visual, Sederhana, Detail.
  • Do’s : Cek & Ricek, Cari Sumber Asli, Backup dan Bukti
  • Don’t : Copy paste narasi, Mengubah Quotes, Menghilangkan Jejak.
  • Saran untuk BKPM dari Siaran Pers: Ada Pengelompokan Data (Dalam bentuk table, dll), Mengurangi Berita Jadi (Diberikan/attach transkripnya yang lengkap sehingga tidak ada penyeragaman di media), Menambah Visualisasi.

Workshop Menulis

Materi Kedua tentang Pembuatan Brosur oleh Dian Martin, Direktur Marketing Baba Studio menjelaskan poin-poin minimal yang harus ada dalam sebuah brosur. Bila poin-poin itu sudah diakomodir, maka tinggal desain saja yang harus dipercantik. Percuma saja bila desain bagus, tetapi poin-poin berikut ini tidak ada dalam sebuah brosur.

Poin-Poin Minimal yang harus ada di Brosur

  • Desain dan Layout yang Indah
  • Fasilitas Data (Infrastruktur)
  • Data Statistik Pertumbuhan Ekonomi
  • Keunggulan yang Ditonjolkan
  • Kontak Person
  • Peluang dan Keuntungan Investasi
  • Keamanan dan Kenyamanan Investasi

Materi Ketiga tentang Kemasan Informasi yang disampaikan oleh Zeembry, Direktur IT Baba Studio menjelaskan bagaimana informasi seharusnya dikemas sehingga menarik untuk dibaca dan dilihat. Terkadang kita ingin memberikan banyak informasi, tetapi itu bukannya membuat pembaca paham, melainkan bingung apa yang ingin dibaca terlebih dahulu, apa yang harus dipilih.

Kemasan-Kemasan Informasi tersebut adalah

  • Laporan: Berisi data-data dan penjelasan lengkap.
  • Abstrak: Berisi rangkuman dari laporan sehingga dapat dipahami dengan cepat.
  • Infografis, Animasi, Video: Merupakan format yang bisa menjadi viral atau seperti virus yang bisa tersebar di sosial media karena kontennya menarik.
  • Tagline: Merupakan 1 kalimat singkat untuk membuat orang fokus terhadap apa yang ingin kita sampaikan. Biasanya dijadikan Judul Brosur, Judul Berita/Artikel, Judul Promosi. Tagline juga dibagi dalam beberapa jenis :
    • Tagline Umum : Adalah tagline yang bisa diikuti oleh siapapun. Contoh : Investasi di Indonesia. Semua negara bisa mengikuti.
    • Tagline Khusus : Adalah tagline yang tidak semua bisa mengikuti. Contoh : Investasi Kelapa Sawit di Indonesia. Sebagian negara yang mempunyai kelapa sawit bisa mengikuti, tetapi tidak semua.
    • Tagline Unik : Adalah tagline yang tidak ada yang bisa mengikuti. Contoh Investasi dengan 250 Juta Penduduk di Indonesia. Tidak ada yang sama persis jumlah penduduk di setiap negara.

Dengan mengetahui kemasan-kemasan informasi tersebut, kita diharapkan mengetahui potensi setiap daerah dan siapa target promosi kita. Karena setiap kemasan informasi ditujukan untuk target tertentu.

Workshop tersebut kemudian menghasilkan berbagai macam tulisan tentang promosi daerah masing-masing peserta berikut dengan infografis sehingga penulisan menjadi lebih menarik.



Zeembry

Penulis adalah Konsultan di bidang Animasi, Web Desain Arsitektur, Web Development, SEO, Internet Marketing. Founder BABAStudio.com (Sejak 2003) & SekolahPINTAR.com (2015). Untuk Info Pelatihan (021) 5366-4008.


Leave a Reply