Search

Kemasan Statistik yang Apik dari Website BPS

Dalam seminar dan workshop di berbagai Kementerian dan Lembaga RI, saya sering ditanyakan bagaimana menampilkan data penelitian yang banyak sekali sehingga dapat tampil dengan cantik, mudah dibaca dan dipahami secara cepat. Jadi kata cepat dan mudah ini adalah kunci dari suatu kemasan informasi di era internet ini.

Saya mengambil referensi dari website BPS untuk memberikan contoh bagaimana Badan Pusat Statistik tersebut menyajikan data yang bagus sekali.

Terkadang masalah orang teknis biasanya ingin menampilkan semua data supaya lengkap. Ini sangat bagus biasanya untuk pembuatan buku, laporan internal atau ke atasan.

Tetapi… kalau untuk masyarakat umum, beda 180 derajat.

Masyarakat umum hanya ingin melihat apa yang menjadi kebutuhannya.

Contoh di bawah ini, ada statistik Jenis Kelamin Penduduk. BPS hanya menampilkan 4 besar statistik yang diwakili oleh 4 kotak. Padahal saya yakin banyak yang bisa ditampilkan , tidak hanya 4, tetapi harus dipilih yang menjadi kebutuhan dan keinginan masyarakat. Masyarakat tidak perlu diberikan terlalu banyak karena sangat memusingkan.

Tetapi tidak menutup kemungkinan, ketika ada masyarakat yang tertarik lebih detil tentang dari mana data tersebut. Mereka bisa klik dan mendapatkan laporan lengkapnya dari website tersebut. Tetapi laporan lengkap tidak pernah diberikan di halaman depan. Di halaman depan benar-benar harus mempunyai kemasan yang apik untuk dilihat, mudah dibaca, dan cepat untuk dipahami.

Salam Pintar,

bps-jenis-kelamin-penduduk-2010

bps-pendidikan-2010

bps-perumahan-penduduk-indonesia-2010



Zeembry

Penulis adalah Konsultan di bidang Animasi, Web Desain Arsitektur, Web Development, SEO, Internet Marketing. Founder BABAStudio.com (Sejak 2003) & SekolahPINTAR.com (2015). Untuk Info Pelatihan (021) 5366-4008.


Leave a Reply